PHINTAS Weekly Report 19th September 2022
View PDF
19 Sep 2022

DOMESTIC MARKET REVIEW

IHSG [Resistance : 7230] [Pivot : 7130] [Support : 7080]

Indeks-indeks Wall Street ditutup melemah di Jumat (16/9). Dengan pelemahan tersebut, indeks-indeks Wall Street mencatatkan pelemahan mingguan keempat dalam 5 (lima) pekan trakhir. Faktor utama pemicu pelemahan tersebut adalah data inflasi AS yang lebih tinggi dari perkiraan di Agustus 2022. Hal ini memperkuat kecenderungan the Fed untuk tetap agresif dalam menaikan sukubunga acuan untuk beberapa waktu kedepan. The Fed diperkirakan kembali menaikan sukubunga acuan sebesar 75 bps di 22 September 2022. Sejalan dengan the Fed, Bank Indonesia juga diperkirakan menaikan sukubunga acuan sebesar 25 bps ke 4% di hari yang sama (22/9). Kenaikan ini sebagai langkah antisipasi potensi kenaikan inflasi di sisa tahun 2022. Oleh sebab itu, kami melihat potensi koreksi lanjutan di Senin (19/9) atau di pekan depan masih cukup besar. Waspadai potensi profit taking pada saham-saham rate sensitive yang justru menguat dalam sepekan terakhir. Waspadai potensi koreksi lanjutan IHSG ke kisaran pivot 7130 di Senin (19/9). Sementara support terdekat untuk sepekan kedepan di 7080-7100.

Saham defensif, seperti UNVR, ICBP, INDF dan TLKM dapat diperhatikan. Pelaku pasar juga bisa mencermati potensi rebound lanjutan pada EMTK, MTEL dan JPFA.

MARKET NEWS

OASA PT Maharaksa Biru Energi Tbk

PT Maharaksa Biru Energi Tbk (OASA) berencana melakukan rights issue dengan menerbitkan sebanyak 4,303,200,000 saham biasa dengan harga pelaksanaan sebesar Rp100 setaip saham. Seluruh dana bersih yang diperoleh dari righst issue, rencananya akan digunakan sekitar Rp89 miliar untuk akuisisi 99.99% saham PT Indoplas Makmur Lestari (IML). Selanjutanya sekitar Rp69 miliar untuk peningkatan setoran modal kepada IML dan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja Perseroan.

GEMS PT Golden Energy Mines Tbk

Madhu Ramachandra Rao mengundurkan diri sebagai Komisaris Independen PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS). Perseroan telah menerima surat pengunduran diri dari Madhu Ramachandra Rao pada 14 September 2022. Pada saat bersamaan, Avinash Ramakant Shah dan Venkataramami Rangnathan sebagai Wakil Presiden Komisaris dan Wakil Presiden Direktur Perseroan juga mengundurkan diri. GEMS akan segera menggelar RUPS untuk mengganti posisi yang ditinggalkan tersebut di Perseroan dan anak usahanya.

TLKM PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menyatakan bahwa rencana penggabungan (merger) dari Indonesia Digital Home (IndiHome) dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sedang berproses dan diperkirakan akan ramapung pada tahun 2023. Pasca merger, sektor konsumer akan dikelola oleh Telkomsel.

ABMM PT ABM Investama Tbk

PT ABM Investama Tbk (ABMM) melalui anak usahanya yaitu PT Radhika Jananta Raya (RJR) memutuskan untuk berpartisipasi dalam proses lelang yang dilakukan oleh GMR Coal Resources Pte. Ltd (GMR) untuk membeli kepemilikan saham GMR di PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) sebanyak 1,764,705,900 saham atau setara dengan 30% saham GEMS. Sebagai informasi, ABMM ditetapkan sebagai pemenang lelang pada tanggl 31 Agustus 2022 dan secara efektif telah menyelesaikan transaksi pembelian saham pada 15 September 2022.

IPPE PT Indo Pureco Pratama Tbk

PT Sapihanean Pangan Lestari sebagai Pemegang saham dari PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE) telah mengurangi kepemilikan sahamnya sebanyak 94,656,900 lembar saham IPPE di harga rata-rata Rp228 per saham pada 4 Agustus hingga 7 September 2022. Penjualan tersebut dilakukan untuk divestasi dengan kepemilikan saham langsung. Pasca penjualan, maka kepemilikan saham PT Sapihanean Pangan Lestari di IPPE berkurang menjadi 1.11 miliar saham setara dengan 24.20%.