Survei Kampung Pasar Modal:

Investasi Saham Menjadi Pilihan Utama Generasi Millennial



Jika kita bicara mengenai generasi millennial, yang akan terlintas di pikiran kita adalah generasi yang memiliki karakteristik tersendiri seperti ingin yang serba cepat dan mudah, akrab dengan teknologi, serta lebih mengutamakan lifestyle.

Oleh karena itu, sebenarnya sangat penting bagi generasi millennial untuk dapat mengatur keuangan dan berinvestasi sejak dini agar dapat memaksimalkan potensi diri mereka serta mengontrol diri agar kemampuan mereka dalam menguasai teknologi tidak membuat mereka menjadi pribadi yang konsumtif di era digital seperti saat ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Indonesia Capital Market Institute melalui portal Kampung Pasar Modal pada tanggal 25 April 2018 dengan jumlah 168 responden, menunjukkan bahwa sebanyak 61.76% generasi millennial yang menjadi responden sudah menerapkan pengelolaan keuangan dimana setiap kali memperoleh pendapatan, dana tersebut disisihkan terlebih dahulu untuk ditabung maupun diinvestasikan, baru kemudian sisanya dibelanjakan. Artinya sudah mulai banyak generasi milllennial yang sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan.

Berinvestasi di pasar modal menjadi pilihan investasi yang banyak dipilih oleh generasi millennial. Sebanyak 54.41% generasi millenial memilih untuk berinvestasi di pasar modal, baru kemudian sisanya memilih untuk berinvestasi di produk perbankan dan sektor riil. Hal tersebut didukung dengan hasil survei yang menunjukkan sebanyak 72% generasi millennial menyatakan bahwa mereka sudah pernah berinvestasi di pasar modal.

Untuk pilihan produk investasi di pasar modal, sebanyak 80.88% generasi millenial memilih saham sebagai pilihan utama mereka dalam berinvestasi dibandingkan produk investasi pasar modal lainnya seperti obligasi dan reksadana. Saham menjadi pilihan yang unggul di kalangan generasi millennial karena dianggap sesuai dengan karakteristik generasi millennial yang ingin memperoleh return tinggi dalam waktu cepat.

Jika ditanya mengenai tujuan dalam berinvestasi, para generasi millennial menyatakan bahwa mereka memiliki tujuan yang berbeda beda dalam berinvestasi. Sebanyak 39.70% generasi millennial menyatakan mereka berinvestasi untuk membeli berbagai keperluan seperti rumah, kendaraan dan biaya pendidikan. Generasi millennial lainnya, yaitu sebanyak 35.30% menyatakan bahwa mereka berinvestasi untuk mempersiapkan dana guna keperluan darurat. Sisanya, sebanyak 25% generasi millennial menyatakan tujuan mereka dalam berinvestasi adalah untuk mempersiapkan dana pensiun agar dapat menikmati hari tua. 

Kamu generasi millennial? Yuk isi surveinya di http://kampungpasarmodal.com/public-survey